Dosen PPG LPTK IAIN Kediri Hadiri Kegiatan Review dan Uji Publik Soal PPG Madrasah

Perwakilan dosen Prodi PPG LPTK IAIN Kediri, Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I, menghadiri kegiatan “Review dan Uji Publik Soal PPG Madrasah”. Acara yang bertempat di Regent’s Park Hotel Malang itu diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah dan diikuti oleh seluruh Tim pembuat soal PPG dari 11 LPTK. Acara ini berlangsung selama tiga hari, 02-04 Agustus 2022. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan “Penyusunan soal PPG Madrasah” yang dilaksanakan di Yogyakarta pada bulan Juli lalu.

Hasil kegiatan ini dapat disimpulkan: Pertama, soal yang disusun memiliki validitas yang dapat dipertanggungjawabkan karena soal disusun oleh tim yang sudah dibekali sebelumnya dan direview oleh para ahli serta telah dilakukan uji publik; Kedua, setiap paket soal berjumlah 120 yang terdiri dari 70 butir soal bidang professional sesuai mata pelajaran, 30 butir soal bidang pedagogik, dan 20 butir soal psikotes; dan Ketiga, soal yang telah disusun akan digunakan pada kegiatan pretest calon peserta PPG dalam jabatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 8-10 Agustus 2022. Pretest perlu segera dilaksanakan mengingat pelaksanaan PPG Daljab batch III akan dimulai sekitar tanggal 18 Agustus 2022.

Septiana mengaku bersyukur karena didelegasikan menjadi salah satu tim penyusun soal sehingga dapat berkontribusi dalam proses seleksi peserta PPG Daljab tahun 2022. “Semoga upaya ini dapat membantu Kementerian Agama RI dalam mewujudkan madrasah menjadi lembaga hebat bermartabat dengan lahirnya para guru professional”, pungkasnya. (SP/YA).

Leave a Reply

Your email address will not be published.